Perawatan Toyota Kijang Innova Diesel Untuk Performa Terbaik

Januari 06, 2021

 


Baik diesel mapun bensin memang dari sisi perrawatan sebenarnya sama saja.

Kali ini kita akan bahas mengenai bagaimana kiat atau tips dalam melakukan perawatan sederhana pada Kijang Innova diesel yang harus anda baca sampai habis bagi yang sekarang memiliknya di rumah.

Toyota Kijang Innova sendiri adalah salah satu mobil berjenis MPV artinya ini adalah mobil keluarga yang sangat nyaman memang, selain harganya yang masih tegolong murah untuk ukuran baru dan bekas sekarang ini.

Jika anda membeli di dealer besar misalkan, jangan lupa bandingkan dengan harga di pasaran perorangan supaya mendapatkan harga yang lebih murah. Biasanya nanti akan ada promo innova yang bisa anda manfaatkan dengan baik.

Tapi memang, namanya juga mobil dengan CC besar, body besar kadang lumayan boros juga dalam penggunaan bahan bakar.

Dan jika dibandingkan dengan jenis bensin dari sisi kalkulasi tingkat kepopuler sendiri sampai sekarang Innova bermesin diesel memang cendrung lebih banyak peminatnya karena diyakini lebih irit penggunaan BBM.

Tentu saja alasan lain masih banyak selain nyaman dan mewah, elegan tapi Toyota Kijang Innova diesel sendiri dari kapasitas mesin juga dan performa lumayah gahar. Nah langsung saja yuk kita bahas lebih detail mengenai bagaimana tips perawatanya supaya lebih awet dan tahan lama tentu saja.

Perawatan Filter Solar

Komponen yang satu ini memang menjadi salah satu komponen penting yang harus selalu anda perhatikan terutama dalam hal penggantian filternya. Jika anda membeli baru maka biasanya anda masih bisa menikmati promo innova terbaru dalam hal penggantian filter ini.

Semakin lama mobil beroperasi dan semakin tua usianya maka kondisi filter solar akan semakin sering dipantau memang, karena mau tidak mau dari sinilah nanti awal mula proses pembakaran ke bagian mesin, kondisi filter solar yang kotor, tersumbat bisa saja membuat kinerja mesin kurang optimal.

Toyota Kijang Innova diesel sendiri sudah menggunakan sebuah teknologi yang sangat canggih memang dan digunakan hampir pada semua jenis dan keluaran Toyota yakni mesin diesel common-rail.

Di negara Indonesia sendiri dari sisi jenis bahan bakar yang digunakan pada mesin diesel sekarang ini terbagi menjadi 3 jenis antara lain:

·         Yang pertama adalah namanya Bio Solar dengan cetane number 48

·         Kemudian yang kedua disebut dengan Pertamina Dexlite dengan cetane number 51

·         Dan yang terakhir adalah Pertamina DEX dengan cetane number 53

Dari ketiga jenis bahan bakar diatas memang yang paling terbaik anda harus menggunakan jenis Pertamina Dex yang memiliki kandungan cetane number paling tinggi.

Akan tetapi pertamina dex ini sendiri terkadag susah untuk didapatkan jadi mislakan kalau anda ingin menggunakan pilihan pertama dan kedua sebenarnya tidaklah masalah.

Lalu ada yang bertanya, kira kira apa sih perbedaan ketiga jenis bahan bakar tadi pada performa mesin ? yang jelas sangat banyak pengaruhnya dimana secara fakata jika anda menggunakan cetane number tertinggi maka dari sisi penggunaan filter solar akan lebih efektif artinya anda bisa melakukan proses penggantian ketiak sudah sampai 10.000 km.

Akan tetapi jika anda selama ini masih menggunakan bio solar misalkan maka masa pergantian filter ini di rekomendasikan dilakukan setiap 5.000 km.

Masalah ini harus anda pahami dengan baik, biasanya kalau sudah telat sekali maka akan berpengaruh pada kondisi filter yang lama kelamaan akan rusak karena adanya kandungan sulfur.

Maka dari itu secara standar proses service rutin sendiri sampai sekarang dari semua jenis dan type Kijang Innova Diesel disarankan diganti per 50 ribu kilo meter karena bahan bakan DEX sendiri susah ditemukan.

Sebagai tambahan, jika anda ingin mengintip Innova keluaran terbaru 2021 ini bisa cek dan manfaatkan promo innova jakarta karena sebulan kedepan akan resmi dirilis.

Perhatikan Kondisi Filter Oli

Ini juga sangat penting, Oli merupakan salah satu komponen utama dalam sisitem kendali mesin mobil menjadi tetap powerfull dan bisa juga menjadi bermasalah karena hal sepele misalkan kualitas oli sudah jelek, volume menurun dan lain sebagaianya.

Maka dari itu, ketika anda ingin melakukan penggantian Oli, maka wajib sekali kami sarankan untuk melakukan pengecekan kondisi filter oli.

Toyota Kijang Innova diesel sendiri dalam penggunaan jenis oli sampai sekarang menggunakan dua type yang pertama adalah oli mineral, dan yang kedua adalah oli full synthetic.

Apa bedanya ? ya, singkatnya kedua jenis oli ini memiliki perbedaan dari masa penggunaan dari masa ketahanan. Jika anda menggunakan filter mineral maka ini masuk pada jenis filter standar dimana anda harus melakukan pengecekan dan penggantian setiap 10.000 km.

Akan tetapi jika selama ini anda menggunakan yang kedua maka disarankan untuk melakukan pengecekan filter oli setiap 6.000 km. Tentu saja untuk keberlangsungan jangka panjang jangan pelit, gunakan jenis filter yang paling bagus.

 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »